KEBENARAN PERJALANAN SPIRITUAL(true spiritual journey.)

Catatan Perjalanan Putu Agus

perjalanan hari ini: saya datang pada tgl 21 maret 2011 dalam perjalanan sederhana saya ke pura2 suci hindu di daerah nusa dua bali.dalam prakteksi perjalanan saya melakukan sedikit praktek sederhana saya. menemui enam pura suci. saya akan bercrita sedikit disini mengenai perjalanan saya.disini pada saat perjalanan, saya mendapat beberapa pelajaran yg sangat berharga di dalam menjalani spiritual (the true spiritual knowlage). waktu perjalanan saya mulai siang hari sampai di sore hari untuk menemui tempat suci ini. pada awalnya saya berdoa pada tuhan junjungan saya sebelum melakukan perjalanan agar nanatinya mendapat berkah beliau. dalam hal ini restu di perlukan sekali.saya memulai perjalanan pertama di pura dalem desa bualu ,dalam perjalanan saya tidak menggunakan sarana apapun dlm persembahyangan tanpa bunga,dupa atau persembahan apapun. saya masuk dg menghormati beberapa tempat di sana.yang namanya pura dalem orang sering bilang menyeramkan bukan!hal yang wajar saja.sayapun merasa takut.disana saya memulai meditasi dan berharap tuhan datang dan memberi berkat kepada saya.dan di dalam meditasi keheningan itu tuhan benar-benar mendengar permohonan saya.saya bertemu dengan satumusuh saya yang sering menghalangi perjalanan saya. ia adalah ketakutan saya.dalam meditasi itu saya menyimpulkan, musuh saya adalah ketakutan dalam diri. dia lebih menyeramkan dari apapun. ya ini berkat tuhan yg pertama di dalam meditasi di pura dalem.dan ketakutan adalah penghalang spiritual yang pertama.jadi bagi anda yang hidup dan memulai spiritual anda tekanlah rasa takut anda dan kendalikan dia.pada dasarnya. rasa takut muncul dari pikiran sendiri dan ketidak tahuan anda.
perjalanan meditasi saya lanjutkan ke pura no dua.disana adlalah tempat pemujaan untuk tuhan universal. tempat itu adalah pura jagatnatha masih berdekatan dengan pura dalem tadi sekitar 300 meter jauhnya.seperti halnya pura no satu saya masuk tanpa sarana apapun.memulai meditasi dan memohon pencerahan dari tuhan universal. apa yang saya dapat sangatlah menarik satu musuh saya datang lagi yaitu egoisme.tuhan memperlihatkan itu pada saya. saya menganggap diri saya paling utama dan rasa keakuan saya. sekali lagi tuhan datang memberkati dengan memberitaukan halangan sepiritual yaitu egisme.maka dari itu bagi kawan semuanya ketahuilah halangan yang membuat gagal dalam spiritual adalah ego kita yang akan membunuh pengetahuan kebenaran kita. tekan mereka dan kendalikan mereka.
perjalanan ketiga!pejalanan ke pura lamun di darah nusa dua. waktu perjalanan di dalam pura seperti halnya tadi saya tentu tidak bawa apa-apa ataw sarana apapun. sebelum saya masuk saya melihat di dalam pura ada dua orang wanita disana.entah kenapa saya berpikir mau membohongi mereka.rasa dan pemikiran ini datang tiba-tiba tak jelas. tapi saya berusaha diam saja dan hanya sekedar bertegur sapa sejenak dan kemudian memulai meditasi di sana. ternyata sebelum memohon tuhan telah memberkati saya dengan sebuah pengetahuan baru tentang halangan spiritual. ya .. itu musuh ketiga saya, yaitu kebohongan di dalam diri. orang spriritual tidak boleh berbohong mereka harus berbicara apa adanya.karna akan berakibat kegagalan pada pelaksananan pencarian pahala spiritual.
perjalanan ke empat saya lanjutkan ke pura dekat pantai. namanya pura biasTugel. pura yang indah dan tenang hawa sejuk dekat pantai.deburan ombak mengiringi meditasi saya saat itu.tenang sekali dan benar-benar menenangkan hati. kembali sebelum meditasi saya mendapat pelajaran lebih awal dari tuhan.sebelum masuk saya duduk di luar pura dengan santai melepas lelah disana sambil menikmati pemandangan yang indah melihat para nelayan sedang mencari ikan dekat sana.tiba-tiba saya ingin menulis sesuatu di atas pasir,saat melihat ranting kayu yang kering di depan saya. saya tulis sebuah nama ya ..nama tuhan saya. tapi tangan saya kaku pikiran saya kalut dan bingung waktu itu.tapi tetap saja saya tulis sampai satu kata itu selesai. saya pun melihat ke arah pura,dan kaki saya tiba2 terasa terangkat sendirinya bahkan saya ingin melepas alas kaki saya.terasa ingin bebas.sayapun mulai meditasi disana memohon berkat dewa disana.ahirnya saya mendapat penjelasan dari sana halangan spiritual yang ke empat yaitu keraguan. di dalam belajar spiritual para pelaku tidak boleh ragu,mereka harus memiliki keyakinan yang kuat dan mantap.kebulatan tekad,berani melawan rintangan yang terjadi.
seiring waktu saya melanjutkan perjalanan no lima ke pura berikutnya.namun di perjalanan agk sedikit terganggu pura yng saya masuki terkonci di bagian dalamnya,sehingga saya ridak bisa masuk untuk meditasi,ahirnya saya putuskan melanjutkan perjalanan mencari tempat yang lain sampai ahirnya saya berhenti di sebuah pura yang namanya pura LAMUN pura ini juga sama di dalamnya terkonci sehingga saya tidak dapat masuk ruang utama meditasi. tapi saya putuskan untuk tetap bermeditasi di sana. disana ada pura juga sebelum masuk pura utama.kemudian saya duduk di sana memulai meditasi di bawah pohon beringin dekat pura.selama meditasi say sangat merasa nyaman duduk di sana. aura terasa menenangkan dan menyejukan.dan mungkin kenapa orang-orang sering bermeditasi di bawah pohon besar telah terungkap jawabanya.karna duduk bermeditasi di bawah pohon sangat menenangkan.buakn seperti mitos lainya menyatakan hal-hal aneh. lanjut cerita di dalam meditasi saya menemukan sebuah jawaban bahwa halangan spiritual adalah emosi. mereka harus sabar menghadapi setiap situasi yang ada. jadi pengendalian emosi adalah wajib dilakukan bagi pelaku spiritual dalam menjlani spiritual.
lanjut perjalanan terahir saya mulai mencari satu pura lagi untuk menyelesaikan perjalanan saya.di tengah jalan perut saya sangat lapar ahirnya saya memutuskan untuk meminta-minta makanan ke rumah warga. sampai ahirnya saya sampai di sebuah rumah warga,dan berhenti untuk meminta makanan. saya berbicara sebentar dengan warga itu dan berbincang-bincang sebentar lalu kemudian meminta makanan. warga baik itu tau saya lapar jadi sebelum saya minta dia sudah kasi saya makanan. saya pun makan di sana,dan juga saya sempat melakukan doa di sana di mrajan warga itu.saya tidak bilang tentang perjalanan saya ini.setelah itu saya melanjutkan perjalanan ke pura tujuan saya yaitu pura Dang Khayangan Tiga yaitu di desa kutuh nama puranya Pura Gunung Payung. pura itu luas sekali wah dan pura itu baru saja selesai di bangun,sehingga kelihatan megah sekali.di perjalanan sebelumnya saya bertanya dengan orang warga disana seorang wanita yang cantik sekali,sifat alamiah saya muncul gairah lelaki saya timbul saya bernafsu melihat wnaita cantik itu.kemudian setelah bertanya saya lanjutkan perjalanan saya. sesampainya saya di sana kaki saya sudah mulai terasa sakit sekali kaki tanpa alas itu menginjak krikil-rikil tajam. saya tetap berjalan dan masuk ke dalam. sesampainya di dalam saya melihat seorang bhakta disana.di pura seluas itu di jaga seorang bakta.sayapun bertegur sapa dengan nya meminta izin berdoa disana,dan tentu saja dia izinkan.saya bilang saya tidak bawa apa-apa bwat sarana persembahan di sana.dia bilang tidak apa-apa. dia juga lansung mencarikan saya sarana persembahyangan seperti bunga dan mepersiapkan air suci disana. meditasipun saya mulai keheningan menyertai dan beberapa lama bermeditasi saya menemukan jawaban terahir halangan dalam spiritual. jawaban itu telah terlihat sebelumnya di perjalanan saya saat bertanya pada seorang wanita. halangan itu adalah nafsu. orang harus mengendalikan diri dari nafsunya terutama seksual.ini menyebabkan ketidak stabilan di dalam diri si pelaku. sebuah pennsucian terjadi apabila seseorang mengendalikan nafsu seksual mereka.ini adlah halangan terhir dari spiritual yang saya temui dalam perjalanan spiritual saya.
berahir sudah cerita saya di sini.pesan dan himbauan saya bagi saudara-saudara spiritualis. semuanya terlihat gampang akan tetapi pelaksanaanya sangatlah beda.namun kemauan dan ketekunan dalam pelatihan akan menjadi berkah sekaligus berkat sang pencipta kepada kita.

sumber :http://www.facebook.com/notes/putu-agus/kebanaran-perjalanan-spiritualtrue-spiritual-journey/178052712313593

2 responses to “KEBENARAN PERJALANAN SPIRITUAL(true spiritual journey.)

  1. pasek arianta i ketut

    sebuah perjalanan yg menarik di ikuti gus tetaplah di jalan Dharma ( Dharma Raksati Dharma Raksitah) siapa yg setia di jalan Dharma akan di lindungi oleh Dharma

  2. perjalanan dan pengalaman yang sangat menarik sangat menginspirasi. artikel yang sangat bermanfaat^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s